komunikasi kesehatan dan advokasi media (Bpk. Irwan Julianto)

Komunikasi kesehatan dan advokasi media

MEDIA DAN PROMOSI/KOMUNIKASI KESEHATAN MASYARAKAT :
>Penggunaan media massa dalam promosi kesehatan: bagian penting komunikasi kesehatan.
> 50 tahun terakhir jadi kekuatan dahsyat bagi pendidikan kesehatan dan perubahan perilaku.
> Memainkan peran dalam perubahan sosial
Media mempunyai dua kepribadian. Di satu sisi, media mendukung pendidikan kesehatan masyarakat. Tapi di sisi lain, media juga mempengaruhi gaya hidup masyarakat.
PERUBAHAN SOSIAL vs KEMAPANAN :
> Media massa sebagai sarana promosi kesehatan yang efektif harus punya komitmen pada perubahan sosial.
> Celakanya, media justru berada dalam bisnis untuk mempertahankan kemapanan.
> Media dimanfaatkan dalam mutualisme konspiratif Penguasa dan Pengusaha.
> Penggunaan media massa untuk advokasi kesehatan jadi dilema.
> Advokasi kesehatan: politis & kontroversial
TAK CUMA MESIN INFORMASI DAN HIBURAN
> Media massa memang punya banyak kendala untuk memberdayakan kesehatan masyarakat
> Namun ia kelewat berharga jika cuma dijadikan mesin informasi dan hiburan belaka
> Terbukti media massa amat berperan dalam kegiatan KB, AIDS, anti-rokok
PEMASARAN SOSIAL :
> Pemasaran Sosial: model pendekatan sistematis menggunakan riset konsumen dan sejumlah saluran komunikasi untuk memengaruhi dan mengubah perilaku penduduk secara spesifik
> Komunikasi Kesehatan = Gabungan aneka disiplin: pemasaran sosial, antropologi, analisis perilaku, advertising, komunikasi, pendidikan dll

5 LANGKAH PEMASARAN SOSIAL UNTUK KESEHATAN :
1. Penilaian (assess)
2. Perencanaan (plan)
3. Pre-test materi edukasi (pre-test)
4. Penerapan intervensi (deliver)
5. Pemantauan (monitor)
KEKUATAN DAN KELEMAHAN PEMASARAN SOSIAL :
> Pendekatan populer memanfaatkan prinsip-prinsip periklanan dan pemasaran untuk “menjual” perilaku sehat yang positif
> Kerap dikritik hanya mempromosikan jalan keluar tunggal bagi masalah kesehatan masyarakat yang kompleks. Juga mengabaikan kondisi-kondisi yang dapat mempertahankan/meningkatkan penyakit
ADVOKASI MEDIA :
> Advokasi media: penggunaan strategik media massa untuk meningkatkan inisiatif sosial dan masyarakat
> Menstimulasi peliputan media secara luas untuk membentuk ulang debat publik dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi kebijakan publik yang efektif dalam masalah kesehatan masyarakat
> Advokasi media tak langsung berupaya mengubah perilaku berisiko individual
> Memfokuskan pada perubahan cara pemahaman masalah sebagai isu kesehatan masyarakat
Contoh: mendorong peliputan media tentang aspek etis dan legal promosi rokok di kalangan remaja (Kasus Pall Mall)
KEKUATAN ADVOKASI MEDIA :
> Advokasi media: konsep yang relatif baru
> Banyak dikaitkan dengan gerakan pengendalian rokok di AS, Inggris, Kanada
> Esensi advokasi media lebih dari sekadar meningkatan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang masalah kesehatan. Kekuatannya justru pada melibatkan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan publik.

-Mery Agustini 915070033-

0 Response to "komunikasi kesehatan dan advokasi media (Bpk. Irwan Julianto)"

Post a Comment