Psikologi Massa (Dra. Henny Wirawan, M.Hum, Psi)

Biasanya manusia merasa lebih nyaman jika mengerjakan sesuatu bersama-sama. Alasannya karena kita bisa saling sharing, dan bertukar pikiran. Perubahan perilaku saat sendiri dan saat berkelompok berbeda, Saat berkelompok kita akan merasa lebih nyaman saat melakukan sesuatu. Dan saat berkelompok kita juga bisa lebih berani memperlihatkan siapa diri kita.
  • Crowd Psikologi, adalah cabang dari psikologi sosial. Orang biasa biasanya dapat langsung memperoleh kekuasaan dengan bertindak secara kolektif. Dalam berkelompok biasanya dapat membuat sesuatu menjadi lebih dramatik dan dapat menimbulkan kontroversi.
Classical Theory
  • Sigmund Freud : Orang-orang yang berada dalam kelompok berpikir dan berperilaku berbeda saat orang tersebut berdiri secara individual.
  • Le Bon : Emosi orang yang berkelompok kadang-kadang menimbulkan sesuatu yang klise.

Perilaku kelompok dapat menimbulkan :
  • Anonimitas, Identitas yang tidak jelas saat berkelompok (Tersamarkan)
  • Hilangnya tanggung jawab pribadi, Saat berkelompok akn merasa tidak salah saat melakukan kesalahan dan tidak ada beban sendiri karena beban ditanggung bersama.

Sebuah Kerumunan tidak hanya menimbulkan emosi negatif, tapi juga dapat menimbulkan emosi yang positif. Contohnya seperti Koin Bilqis, Koin keadilan untuk Prita.

4 bentuk perilaku Kolektif :
  1. Crowd (Kerumunan), Ada 3 emosi dalam kerumunan, yaitu dengan reaksi panik (Contoh : Saat Gempa), Kegilaan dengan reaksi kebahagiaan (Contoh : Saat konser musik), Marah dengan reaksi menghancurkan (Contoh : Saat demonstrasi)
  2. Public , Berbicara mengenai 1 topik khusus dengan menggunakan opini publik (Contoh : Kasus Antasari)
  3. Massa, terkait dengan penggunaan media.
  4. Social movement, terdapat 2 bagian, yaitu Active Social Movement --> yaitu mencoba mengubah masyarakat. Ekspresif Social Movement --> mencoba mengubah anggotanya saja (Contoh : Alcoholic Anonymous)

Tanggapan :
Didalam kehidupan sosial, manusia lebih suka berkelompok karena dengan berkelompok, kita bisa saling berbagi cerita, dll.
Berkelompok itu juga dapat membawa dampak negatif dan positif. Contoh dari yang negatif adalah DEMONSTRASI, dimana orang-orang berkelompok dengan aksi brutal yang merusak, menurut kelompok kami, itu terjadi karena hanya "ikut-ikutan" saja. Yang mempunyai tujuan pasti dari demonstrasi itu hanya beberapa orang.
Dan contoh yang positifnya adalah seperti berkumpulnya orang-orang di FACEBOOK dan membuat group koin cinta untuk bilqis. Itu yang bisa kita contoh, berkelompok untuk kebaikan.

Dan saat berkelompok terkadang kita bisa lebih berani dalam melakukan sesuatu karena beban tidak ditanggung sendiri melainkan bersama. Contohnya Gang Motor, dll.

-Debby Tannia-
915070031

Gender Differences (Dra. Henny Wirawan, M.Hum, Psi)


Gender terkait dengan aspek biologis dan psikologis yang pada akhirnya menentukan peran dan status didalam masyarakat. Gender dan sex (jenis kelamin) bukanlah suatu sinonim. Yang termasuk sex adalah laki-laki dan perempuan, misalkan perbedaan biologis, perbedaan perkembangan otak (laki-laki otaknya lebih besar dari pada otak perempuan tetapi hanya fokus pada satu arah sedangkan perempuan bisa fokus dua arah). Yang termasuk gender adalah feminine dan masculine. Gender muncul karena adanya perbedaan sex atau jenis kelamin yang dikonstruksikan oleh masyarakat dalam lingkungan sosial. Gender lebih mengacu kepada budaya, karena masyarakat yang mengkonstruksikan sehingga masyarakatlah yang menentukannya. Misalnya perempuan yang pulangnya tengah malam dianggap sebagai kupu-kupu malam atau perempuan nakal karena masyarakat menilai jika perempuan yang bekerja hingga larut malam pasti kerjaannya yang negatif.

Ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan baik dari segi kualitas, aktivitas, dan identitas.

  • Psikologi Kesehatan

Dari pembuahan hingga kematian, perempuan lebih sehat dan lebih kuat dari pada laki-laki. Karena perempuan mengandung dua kromosom X, testoteronnya pun lebih sedikit.

Dari aspek neurologis, otak perempuan lebih kecil tetapi lebih komplit dan lebih aktif, terutama dalam aspek bahasa. Sedangkan laki-laki otaknya lebih besar tetapi tidak komplit dan cenderung kurang aktif , sehingga lebih rentan dalam bahasa. Karena laki-laki memiliki kromosom Y, maka laki-laki lebih rentan terkena penyakit down syndrome.

  • Psikologis

Perempuan dan laki-laki sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan pada aspek kognitif dan psikologis.

  • Psikologi Test

Perempuan memliki sifat lebih tinggi dalam segi kerjasama, belas kasihan, marah, dan cemas. Selain itu juga mudah depresi (misalnya menangis), sehingga lebih rentan untuk melakukan bunuh diri.

Perempuan 60% - 75% lebih mengandalkan perasaan, sedangkan laki-laki 55% - 80% lebih mengandalkan berpikir.

Laki-laki lebih agresif dalam hal tindakan dari pada perempuan. Perempuan juga agresif tetapi dalam hal kata-kata/ucapan dari pada laki-laki. Perempuan lebih memiliki sifat bersimpati dan berempati, sedangkan lelaki lebih sistematis.

Feminine cenderung lebih mudah membuka diri, lebih mencari dukungan dan perhatian. Masculine biasanya suka berkompetisi, tidak suka bercerita mengenai perasaan dan masalah pribadi, ketika berkomunikasi biasanya hanya dengan orang-orang terdekat dan itu pun dilakukan sambil bekerja.

Opini:

Menurut saya bahan yang diberikan mengenai gender bisa lebih menambah pengetahuan kita mengenai gender. Dan hal itu bisa membantu kita untuk lebih megentahu jenis gender dari lawan komunikasi kita sehingga kita dapat lebih memahami dan tahu apa yang harus dilakukan untuk berkomunikasi dengan orang tersebut. Perlu diketahui bahwa gender (feminine dan masculine) tidak terpatok pada perempuan lebih cenderung feminine, laki-laki cenderung masculine. Tetapi baik masculine maupun feminine bisa dimiliki oleh laki-laki ataupun perempuan, hal itu bisa dilihat dari sifatnya sehari-hari, apakah lebih cenderung masculine atau feminine.


- Selvy Yunita-

915070021

Intellectual Property Law (Suyud Margono, S.H, M.H)

Intellectual Property Law
adalah perlindungan atas kreatifitas dan berlaku dalam bisnis
intelectual Property Law right:
-copy right , untuk melindungi artistic works, literary works(buku,cd,lagu)
-industrial property rights
*Patent, proteksi invensi
*trademark,protect brand/company name``sign``
*industrial design, 2dimensi atau 3 dimensi produk
*trade Secret, protect information has economic value
*undisclose information, business purposes

Implementasi HAKI :
person - Journalist - authors
authors :
- badan,pengusaha,publisher
- contract law
- copy rights
- moral rights

Merek
perlindungan merek dagang sebagai kepemilikan property/kekayaan

keuntungan pendaftaran merek(barang & jasa)
*merek mrupakan citra bisnis, sehingga dapat membedakan produk /servis dengan kompetitor
*pendaftaran merek memaksimalkan diferensiasi produk,periklanan,&pemasaran.
(keuntungan untuk pemasaran International)
*dapat memberikan jaminan kualitas secara konsisten

ADVERTISING

Advertising Company
Berhubungan dengan corporate brand
terikat oleh UU hukum yang berlaku pada:
*Broadcasting Casting Law
*Costumers Protection Law

Artist Agent
Ada team creative, contract,performance,keterkaitan dengan advertising company.

analisa&tanggapan:
hukum perlindungan terhadap merek sangat penting agar tidak ada penyalahgunaan terhadap hak milik seseorang.
namun hukum di indonesia mengenai hak kepemilikan ini belum terlalu jelas. Contohnya saja kasus yang banyak dialami para artis.


2. S. ATALIM
Diskusi
dalam perkara hukum perdata antara orang dengan orang
ada hukum pidana antara msyarakat dengan pemerintah
dalam sidang setidaknya diperlukan 2saksi.
Makna keadilan dalam hukum terhadap masyarakat tertulis siapapun memiliki kedudukan yang sama, namun jika uang sudah bicara dan menjadi pelicin, hukum seolah-olah tidak ada gunanya, hanya sebagai peraturan tertulis saja.
dalam bidang komunikasi kita ini perlu mengetahui bagaimana gambaran umum sistematika hukum diindonesia.

-Yuilyana-
915070050