Cara Komunikasi Customer Service dalam Memberikan Pelayanan kepada Konsumen



Cara Komunikasi Customer Service dalam Memberikan Pelayanan kepada Konsumen .

• Yang di maksud dengan konsumen adalah orang yang mengkonsumsi barang dan atau pun jasa.
• Hukum konsumen diatur dalam UU No: 8, tahun 1999, mengenai perlindungan konsumen.
Yang merupakan konsumen adalah :
• Setiap orang : Orang yang alami / natural.
Badan hokum yang di orangkan, sehingga memiliki hak dan kewajiban ; yayasan, cv, PT, koperasi.
• Pemakai : orang yang memakan dan menggunakan langsung suatu barang atau jasa, yang merupakan “End User : pemakai akhir”.
• Barang dan atau Jasa
• Yang tersedia di dalam masyarakat
• Baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, dan lain-lain.
• Tidak untuk di perdagangkan kembali.

Keberadaan customer service di dalam suatu perusahaan ataupun organisasi tidak dapat di abaikan. Tidak ada satu pun perusahaan dan organisasi maju yang tidak memerlukan peran customer service. Karena peran yang dilakukan oleh customer service itu sendiri merupakan peran yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan suatu citra perusahaan atau pun organisasi. Melalui customer service, setiap customer / konsumen dapat bertanya dan memanfaatkan informasi yang didapatkan baik jasa maupun barang. Pelayanan kepada customer / konsumen yang biasa disebut pelanggan, pembeli, konsumen, nasabah atau klien, merupakan tanggung jawab bagi seluruh komponen perusahaan atau organisasi, tidak hanya bagi customer service atau call center saja. Customer / konsumen adalah asset yang paling vital bagi suatu perusahaan atau organisasi, tanpa mereka perusahaan dan organisasi tidak akan pernah bisa eksis dalam memajukan bisnis atau usaha nya. Apabila customer / konsumen merasa senang dan puas, mereka tidak hanya menjadi pelanggan setia, tetapi juga akan merekomendasikan kepada teman dan kolega bisnis nya yang lain.

Cara komunikasi baik secara verbal maupun non verbal yang dilakukan oleh customer service akan sangat berpengaruh kepada pembentukan citra daripada suatu organisasi ataupun perusahaan. Jika cara komunikasi yang dilakukan oleh customer service bertujuan untuk memaksakan kehendaknya saja, dan tidak menghargai costumer / konsumen dengan baik, tidak mendengarkan apa yang menjadi keluhan serta harapan dari customer / konsumen, maka hal ini akan berpengaruh kepada citra organisasi, sehingga citra yang terbentuk dibenak customer / konsumen adalah organisasi yang negatif. Lantas selanjutnya customer / konsumen lebih senang mencari alternative lain untuk mendapatkan pelayanan dari pihak lain, dimana cara komunikasi yang dilakukan oleh customer service nya dirasakan lebih baik dan sesuai dengan keinginan customer / konsumen tersebut.

Cara komunikasi non verbal pun tak luput dari perhatian para customer / konsumen. Komunikasi non-verbal seperti tatapan mata, ekspresi wajah, gerekan tangan, gerakan tubuh, nada sura, cara berpakaian akan sangat menentukan bagi keberhasilan seorang Customer service dalam memberikan penjelasan atau pemahaman bagi para customer / komsumen yang bertanya.

-she ryana 915070023-

0 Response to "Cara Komunikasi Customer Service dalam Memberikan Pelayanan kepada Konsumen"

Post a Comment